PENGARUH HARGA KOPI TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADA DISTRIBUTOR AL-AZAAM DI KECAMATAN SUNGAI ARE KABUPATEN OKU SELATAN

  • Yopi Yunsepa STIE Dwi Sakti Baturaja
  • Yuniarti Anwar STIE Dwi Sakti Baturaja
  • Evan Triyudi STIE Dwi Sakti Baturaja
Keywords: Price, income, marketing strategy

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Harga Kopi Terhadap Pendapatan Petani Pada Distributor Al-Azaam di Kecamatan Sungai Are, Kabupaten OKU Selatan. Dengan Perumusan masalah bagaimana pengaruh harga kopi terhadap pendapatan petani pada distributor Al-Azaam di Kecamatan Sungai Are Kabupaten OKU Selatan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dokumentasi review dan studi pustaka. adapun teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh dengan  teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif  dengan model penelitian berupa analisi regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi serta pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan  mengenai pengaruh harga kopi terhadap pendapatan petani dengan bantuan data kuesioner didapatkan hasil  menunjukan bahwa harga kopi berpengaruh terhadap pendapatan petani Pada Distributor Al-Azaam di Kecamatan Sungai Are, Kabupaten OKU Selatan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. PT Rhineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik Edisi revisi. Rhineka Cipta. Jakarta.
BPS. Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. 2018.
Crisdandi, P. 2015. Pengaruh Biaya Pemeliharaan dan Harga Jual. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Hasibuan, Melayu S.P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi revisi. Bumi Aksara. Jakarta
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Indeks. Jakarta.
Muhammad. 2018. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam.Rajawali Pers. Jakarta.
Narbuko, Cholid. 2013. Metode Penelitian. Bumi Aksara. Jakarta.
Nasir. Muhammad. 1998. Metode Penelitian. Gholia Jakarta.
Riduan dan Sunarto. 2010. Pengantar Statistik. Erlangga. Bandung.
Situmorang. 2018. Pengaruh Harga dan Pendapatan Konsumen Terhadap Permintaan Rumah tipe 36 pada PT Aresco Dharma di Medan
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisinis (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Sunyoto, Danang. 2013. Metode dan Instrumen Penelitian Ekonomi dan BisnisCAPS. Yogyakarta.
Swastha, Basu 2005. Manajeman Pemasaran Modern, Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.
Theodorus. M. Tuana Kotta. 2000. Teori Ekonomi. LPFE. Universitas Indonesia. Jakarata.
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayu Media. Malang.
Published
2020-08-20