PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA GUA HARIMAU DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

  • Ari Suharman STIE Dwi Sakti Baturaja
  • Rini Apriyani STIE Dwi Sakti Baturaja
  • Sally Maria Bramana STIE Dwi Sakti Baturaja
Keywords: Promotion, Tourist Visit Rat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh promosi terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata gua harimau di kabupaten Ogan Komering Ulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yang bertujuan melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Pada hakikatnya, metode deskriptif mengumpulkan data secara univariat. Berdasarkan perhitungan menggunakan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 2,758 + 0,900X+e. Nilai korelasi antara variabel promosi (X) terhadap variabel tingkat kunjungan (Y) adalah sebesar 0,885 artinya korelasi antara variabel adalah sangat kuat. Angka R Square sebesar 0,783 hal ini menunjukan bahwa sumbangan variabel promosi (X) terhadap variabel tingkat kunjungan (Y) sebesar 78,30% sedangkan sisanya 21,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. Nilai koefisien thitung promosi (X) sebesar 15,336 > ttabel 1,66864 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh promosi terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata gua harimau di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah promosi berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata gua harimau di kabupaten Ogan Komering Ulu. Peneliti menyarankan bagi manajemen gua harimau untuk terus menjaga konsistensi dalam mempromosikan objek wisata gua harimau, agar para wisatawan baik lokal mau pun luar kota, baik dalam negeri mau pun luar negeri terus ingin berkunjung ke objek wisata gua harimau di Kabupaten Ogan Komering Ulu

References

Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik). PT Rineka Cipta.Jakarta.
A.F. Stoner. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Bungin, Burhan. 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Hasibuan, Malayu SP. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Kartono, Kartini. 2010. Pengantar Metodelogi Riset Sosial. Mandar Maju. Bandung.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Sudut Pandang Asia. PT INDEKS Kelompok Gramedia. Jakarta.
Nazir, M. 2008. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Nirwandar. 2013. Pariwisata di Indonesia. http://internet, repository.upi.edu jam 21.06
Pendit. S, Nyoman. 2000. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Pradnya Paramita. Jakarta.
Priyatno,Dwi. 2008. Analisis Statistik dengan SPSS. Liberty Offset. Yogyakarta.
Riduan dan Sunarto. 2008. Pengantar Statistik. Alfabeta. Bandung.
R. Terry, Goerge. 2003. Prinsip – prinsip Manajemen. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Soekadijo. R. G. 2000, Anatomi Pariwisata, Memahami Pariwisata Sebagai Sistematic Linkage. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Swasta DH, Basu dan Handoko, T.Habi. 2008. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan kedua. Liberty. Yogyakarta.
Wahab, Salah. 2003. Manajemen Kepariwisataan.Pradnya Paramitha. Jakarta.
Yoeti, Oka A. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramitha. Jakarta.
Published
2020-08-20