ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA BAWANG MERAH PADA KELOMPOK TANI TUNAS HARAPAN DI DESA LUBUK LEBAN KECAMATAN SOSOH BUAY RAYAP KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

  • Ahmad Johan Mushoddiq STIE DWI SAKTI BATURAJA
  • Sally Maria Bramana STIE DWI SAKTI BATURAJA
  • Evi Komalasari STIE DWI SAKTI BATURAJA
Keywords: business feasibility analysis

Abstract

This study discusses the feasibility analysis of shallot cultivation in the Tunas Harapan farmer group in Lubuk Leban Village, Sosoh Buay Rayap District, Ogan Komering Ulu Regency. From the research results based on the investment criteria Net Present Value (NPV) Rp. 2,146,873,455 means that the shallot cultivation business is feasible to be implemented. Internal Rate of Return (IRR), 90.45% means that the shallot cultivation business is feasible to be implemented. Profitability Ratio (PR), 49.87 means that shallot cultivation business is feasible to be implemented. Pay Back Period (PBP), 4 months 10 days years means that the shallot cultivation business is feasible to be implemented.

References

Ali, Hasan. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. CAPS (Center Academic Publishing Service).Yogyakarta.
Hanum, Chairani. (2008). Teknik Budidaya Tanaman Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Hendri Ma’ruf. (2005). Pemasaran ritel. Pt.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Hidayat, Syah. (2010). Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikatif. Suska Pres. Pekanbaru.
Ibrahim Yacob. (2009). Studi Kelayakan Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.
Jaka Prawira. (2019). Analisis Studi Usaha Tani Budidaya Tanaman Bayam di DesaTanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur.
Kartasasmita. (1996). Analisis Tingkat Produksi Bawang Merah. Graha Ilmu. Jakarta.
Kasmir dan Jakfar. (2007). Studi Kelayakan Bisnis. Prenada Media Group. Jakarta.
Kotler, Philip, DKK. (2000). Manajemen pemasaran dengan pemasaran efektif dan pofitable. Cetakan kedua, Gramedia Pusat Utama. Jakarta.
Martalena, dan Malinda. (2011). Pengantar Pasar Modal. Edisi pertama: Andi. Yogyakarta.
Masyuri dan Zainudin. (2011). Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis dan Aplikatif. PT Refika Aditama. Bandung.
Meiliana Dwi Putri. (2018). Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Jagung pada Kelompok Tani Terbangke Jaya di Desa Penyandingan Kecamatan Sosoh Buay Rayap.
Narimawati, Umi. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Agung Media. Bandung.
Prabowo. (1995). Dasar Pengertian dan Masalah Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.
Saladin, Djasim. (2007). manajemen pemasaran. Alfabeta. Bandung.
Published
2021-06-15