EVALUASI EFEKTIVITAS PELATIHAN MARKETING SKILLS PADA PT XYZ
Abstract
PT XYZ menyadari perkembangan industri asuransi yang signifikan di Indonesia mengakibatkan semakin ketatnya persaingan dalam industri tersebut. Selain itu, PT XYZ mengalami penurunan signifikan pada investment income di tahun 2014. Kondisi ini menjadi referensi bagi PT XYZ untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM melalui pelatihan dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis evaluasi pelatihan Marketing Skills pada tingkat reaksi, tingkat pembelajaran, tingkat perilaku, dan tingkat hasil di PT XYZ (2) Mengidentifikasi hasil efisiensi pelatihan melalui pendekatan DEA (Data Envelopment Analysis). Data yang digunakan terdiri dari data primer yaitu melalui kuesioner dan wawancara dan data sekunder melalui buku, jurnal, skripsi dan thesis serta data perusahaan. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Data Envelopment Analysis (DEA). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tingkat reaksi terdapat dua variabel yang perlu diperbaiki yaitu modul dan fasilitator dan pada tingkat hasil terdapat variabel yang perlu ditingkatkan yaitu motivasi. Hasil analisis efisiensi menunjukan terdapat tiga section yang sudah efisien dan satu section yang belum efisien dilihat dari skor efisiensi.