PENGARUH BRAND IMAGE DANKUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI CV PURWASARI MOTOR

  • Sindang Sari Stikes Dona Palembang
  • Pretty Ayu Program Studi Manajemen Universitas Anak Bangsa
Keywords: Brand Image, Service Quality and Increased Sales

Abstract

This research aims to determine the impact of brand image and service quality on sales growth at CV
Purwasari Motor, a spare parts outlet and car service provider. The study sample consisted of 84 customers.
Data analysis used multiple regression with a determination coefficient of 0.130 or 13.00%. The variables
of brand image (X1) and service quality (X2) affect sales growth (Y), while the remaining 87.00% is
influenced by other factors not examined. These results are supported by a significance value of 0.023 <
0.05. Service quality significantly influences sales growth, as evidenced by a significance value of 0.026 <
0.05.

References

Abi, Yudi Irawan. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Pada KFC Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Manajemen. Volume 15. Nomor 1
Adam, M. R. R., Handra, T., & Annas, M. (2022). Pengaruh Ponsel Pintar Terhadap Brand Image
(Peran Digital Marketing). TechnomediaJournal,
Ananta, H., Mahendra, I., Anggraeni, K., Putri, S., (2022). Peran Endorser Selebriti, Citra Merek,
Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Erigo (Studi
Pada Mahasiswa Di Kota Malang). In Journal Of Business And Applied Management (Vol.
15, Issue 1).
Arianto, N. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung
Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif.
1(2): 123-134.
Ariawaty, R, N & Evita, S, N. 2018. Metode Kuantitatif Praktis. Bandung. Bima Pratama Sejahtera
Basu Swasta dan Irawan. 2018. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty :
Yogyakarta.
Carmelia Cesariana, dkk (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen
Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review
Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction, Edisi 4, ANDI,
Yogyakarta.
Halim. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus Jurusan
Samarinda
Halim. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus Jurusan
Samarinda Bantang Pada Terminal Lempake Di Kota Samarinda. Skripsi. Universitas
Mulawarman. Samarinda.
Handayani, M. R. D. Y. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Promosi di
Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Beauty Produk Skincare
Bening’s Di Kota Surabaya. EKONIKA : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 7(2).
Hartanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, danLingkungan Fisik
Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel
Mediasi di De Mandailing Cafe´ Surabaya. Agora, 7(1).
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo
Persada. Kotler, & Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (6th ed.). Andi Offset
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid
1.Jakarta:Erlangga.
Kotler, Philip and Lane Keller. 2017. Marketing Manajement, 15th Edition New Jersey: Pearson
Pretice Hall, Inc
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global
Edition.Pearson. Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijay Laksana. Manajemen
Pelayanan Publik. Bandung: CV.
Pustaka Setia, 2015.
Nafarin, M. 2015. Penganggaran Perusahaan. Edisi tiga. Jakarta: Salemba Empat
Nurwanti, A., Juhari, & Deseria, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosidan Brand Image
Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Merek Suzuki Ertiga di Showroom
Jagorawi Motor di Pangkalpinang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6, 85–95.
Riska Dwi Agustin1 Kasno T. Kasim Noer Aisyah Barlian, 2018 Pengaruh Kualitas Pelayanan,
Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Pasirian Kabupaten
Lumajang Jurnal Riset Manajemen Volume 1, Nomor 2
Retno, Kumalasari Nindi. 2020. Analisi Stratrgi Pemasaran Dalam MeningkatkanVolume Penjualan
Produk Produkcc di Toko Ismart dan Indomaret
Ponorogo.[Skripsi]. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Sitorus, S. A., & Nada Arina Romli, M. C. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding. Bandung:
Media Sains Indonesia.
Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet. Wijoyo,
R. Y., dkk. (2021). Pengantar Bisnis. Pustaka Baru Press.
Published
2025-01-23